Forum Ekonomi Digital Kementerian Kominfo (FEDK) Edisi VI

Liputan Media

Jakarta, 31 Oktober 2023

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengajak industri membahas topik mengenai pemanfaatan kecerdasan artifisial (AI) agar dapat berkontribusi secara optimal menumbuhkan ekonomi digital nasional.

Diskusi itu dikemas dalam Forum Ekonomi Digital Kementerian Kominfo (FEDK) edisi VI yang juga membahas batasan, tantangan, hingga posisi pemerintah agar inovasi teknologi tersebut dapat secara maksimal memberikan manfaat positif bagi perekonomian digital Indonesia yang baru berkembang.

“Indonesia perlu mengambil langkah strategis baik dari investasi pengembangan infrastruktur digital, pengembangan literasi digital masyarakat, hilirisasi ekonomi digital yang memberdayakan, maupun pemanfaatan emerging technologies seperti AI,” ujar Sekjen Kementerian Kominfo Mira Tayyiba di Jakarta.

Pembahasan potensi AI dan sikap ekosistem digital di Indonesia untuk menumbuhkan ekonomi digital nasional menjadi penting karena dalam laporan dari perusahaan riset Kearney pada 2023 menyebutkan bahwa AI dapat berkontribusi sebesar 366 miliar dolar AS (Rp5.820 triliun) pada PDB Indonesia di 2030 apabila dapat secara optimal dimanfaatkan.

Meski begitu, Indonesia tak bisa menutup mata bahwa AI pun memiliki potensi penyalahgunaan yang dapat berbahaya apabila tidak diatur dengan bijak.

Sumber Antara News:
https://www.antaranews.com/berita/3800559/kemenkominfo-ajak-industri-bahas-pemanfaatan-ai-untuk-ekonomi-digital

id_IDIndonesian